INFORMATIC MANAJEMENT SYSTEM (IMS)


Hasil gambar untuk INFORMATIC MANAGEMENT SYSTEM (IMS)

Pengertian Sistem Informasi Manajemen

Sistem Informasi Manajemen adalah sistem informasi yang dibutuhkan sebuah organisasi dengan pengolahan seluruh transaksi yang mendukung fungsi manajemen dalam pengambilan sebuah keputusan.

Sistem Informasi Manajemen meliputi metode dan upaya yang terorganisasi dalam menjalankan fungsi pengumpulan data baik dari dalam atau dari luar organsasi dan mempergunakan komputer dalam prosesnya untuk bisa menghasilkan lalu menyajikan informasi kekinian, akurat, tepat, dan cepat untuk semua pihak yang berkepentingan dalam pengambilan sebuah keputusan manajemen

Beberapa manfaat dari Sistem Informasi Manajemen diantaranya :


  1. Menjamin tersedianya kualitas dan keterampilan dalam memanfaatkan sistem informasi secara kritis.
  2. Mengembangkan proses perencanaan yang efektif.
  3. Mengidentifikasi kebutuhan-kebutuhan akan keterampilan pendukung sistem informasi.
  4. Dunia perhotelan menggunakan sistem informasi manajemen yang digunakan untuk mengolah data serta memberikan informasi yang akurat mengenai situasi atau keadaan hotel kepada pengunjung atau costumer.



Materi dalam Website saya kali ini akan membahas salah satu penerapan Sistem Informasi Manajemen yakni :

Informatic Management System (IMS)

IMS berfungsi untuk mendukung tugas-tugas dalam organisasi, yang juga dapat digunakan untuk membantu menganalisa pembuatan keputusan.

Sistem ini juga dapat menyatukan beberapa fungsi informasi dengan program komputerisasi, dunia perhotelan juga mengaplikasikan sistem informasi manajemen tersebut diantaranya menggunakan Program Aplikasi / Software Reservasi Hotel Sederhana VB.Net

Sistem reservasi hotel dapat diartikan juga sebagai sistem pengolahan data tamu hotel meliputi pengolahan data diantaranya data kamar, data check in, data check out, dan juga sebagai manipulasi data, penyimpanan data dan persiapan dokumen untuk pengambilan keputusan yang dilakukan manusia dengan dibantu suatu alat yang berupa mesin komputer.

Sistem ini terbatas pada pengelolaan informasi mengenai :


  1. Pemesanan kamar yang ada pada hotel (check in)
  2. Tagihan yang dilakukan pada saat check out, meliputi tagihan sewa kamar yang meliputi Tipe Kamar, Fasilitas (Extrabed, Fitness, Coffee Break, Laundry) dan Diskon (Hari besar, Weekend, Member).
  3. Merekapitulasi hasil penjualan hotel
  4. Memverifikasi Arsip Data Komputer (ADK) pada
  5. Membuat laporan / jurnal penjualan per accounthotel.
  6. Menyimpan arsip-arsip secara digital


Untuk lebih jelas nya perhatikan gambar Program Aplikasi / Software Reservasi Hotel Sederhana dibawah ini :

program-aplikasi-software-reservasi-hotel-sederhana-vb.net_

Adapun keuntungan yang diperoleh dengan adanya penerapan Sistem Informasi Manajemen dalam dunia perhotelan adalah :


  • Memudahkan petugas front office hotel dalam menangani semua informasi kamar, tamu dan pengunjung hotel, serta membuat laporan rutin yang diperlukan. Penghematan waktu dan tenaga dapat mendorong pelayanan tamu dan pengunjung menjadi lebih maksimal.
  • Memudahkan Pengelola/Manajer Hotel dalam mengevaluasi kemajuan penerimaan/pendapatan hotel sehingga dapat mengambil keputusan yang tepat dan cepat untuk terus meningkatkan pendapatan tersebut dalam bentuk promosi atau pelayanan lainnya.
  • Dapat melayani tamu, pengunjung dan pengguna jasa hotel lainnya secara cepat dan memuaskan sehingga menimbulkan image yang baik terhadap hotel sehingga mereka akan kembali lagi ataupun menginformasikan kepada orang lain tentang kepuasan pelayanan yang diterimanya.

Keunggulannya apabila diterapkan dalam dunia perhotelan yaitu :


  1. Dapat menolong perusahaan untuk meningkatkan efisiensi operasional
  2. Memperkenalkan inovasi dalam bisnis
  3. Membangun sumber-sumber informasi strategis.

Kelemahannya apabila diterapkan dalam dunia perhotelan yaitu :

  1. Dapat memberikan dampak bagi lingkungan sosial seperti pengurangan tenaga kerja, sehingga dapat menambah angka pengangguran.
  2. Selain itu dengan adanya SIM tersebut membuat ketergantungan manusia terhadap SIM tersebut, sehingga mengesampingkan rasionalitas manusia itu sendiri.
0 Komentar untuk "INFORMATIC MANAJEMENT SYSTEM (IMS)"

Back To Top